you're in Ngelmuiku.blogspot.com | you are allowed to access the information here as you pleased and do not forget to leave a comment. thank you for visiting

Wednesday, October 13, 2010

Sekolah Alam Ar- Ridho Semarang (have you ever heard?)

Sekolah alam itu ya di hutan belantara.
Sekolah alam itu ga keren.
Sekolah alam itu jadul abis.
Sekolah alam itu...bla bla bla...
Enggak gitu juga kali (sketsa mode:on) ! Semua opini itu ga ada yang bener!
LIAT DEH ....


Menurut Efriyani Djuwita,M.Si seorang psikolog Perkembangan Anak dan staf pengajar Fakultas Psikologi UI, Sekolah alam adalah salah satu bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama sebagai pembelajaran siswa didiknya. Tidak seperti sekolah biasa yang lebih banyak menggunakan metode belajar mengajar di dalam kelas, para siswa belajar lebih banyak di alam terbuka. Di sekolah alam metode belajar mengajar lebih banyak menggunakan aktif atau action learning dimana anak belajar melalui pengalaman (red- dimana anak mengalami dan melakukan langsung) . Dengan mengalami langsung anak atau siswa diharapkan belajar dengan lebih bersemangat, tidak bosan, dan lebih aktif. Penggunaan alam sebagai media belajar menurut psikolog yang akrab disapa Ita ini diharapkan agar kelak anak atau siswa jadi lebih aware dengan lingkungannya dan tahu aplikasi dari pengetahuan yang dipelajari. Tidak hanya sebatas teori saja.

SEKOLAH ALAM DI SEMARANG !!!
Ada juga nih sekolah alam di Semarang namanya Sekolah Alam Ar-Ridho.
Sekolah Alam Ar-Ridho adalah salah satu sekolah formal (PG, TK, SD, SMP) yang terinspirasi oleh pemanfaatan alam, kehidupan, dan lingkungan sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Integrated Learning (Pembelajaran terpadu) melalui jejaring tematik, dan berparadigma bahwa setiap anak memiliki keunikan/kecerdasan masing-masing.



Eksperiment Aquaponic

"Ada sesuatu yang baru. Ust. Nurul bereksperimen. Beliau memperkenalkan metode tanam yang belum banyak dibahas literatur Indonesia. Sebab menurut beliau literaturnya kebanyakan berbahasa Inggris. Yap, itulah Aquaponic.
Bercocoktanam dengan bantuan aquarium. Mirip dengan hidroponic, hanya saja media utama yang digunakan sebagai sumber makanan tanaman adalah feses ikan yang mengandung Nitrogen cukup banyak. Jadi, air dari akuarium dipompakan ke atas dan dialirkan melalui selang yang dilubangi untuk mengairi akar tanaman 24 jam nonstop. Tanah tidak dibutuhkan disini, sebab peran penempel unsur N digantikan oleh batu kerikil atau Zeolit.
Percobaan pertama ini mengunakan Kemangi dan pohon Lombok. Seminggu sejak ditanam, amazing…tanaman tetap segar."

 Tuu kan ! Ga selamanya sekolah alam itu jadul dan dipandang sebelah mata. Contohnya sekolah alam Ar-Ridho Semarang. Sekolah alam justru belajarnya jauh lebih fun daripada sekolah 'indoor' pada umumnya...

Referensi:
http://sekolahalamarridho.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment