you're in Ngelmuiku.blogspot.com | you are allowed to access the information here as you pleased and do not forget to leave a comment. thank you for visiting

Thursday, February 23, 2012

Design, Click and Make it!


Kita ini pemuda, bibit unggul penerus bangsa. Harusnya bisa berpikir kreatif buat menciptakan lapangan kerja khususnya, jangan hanya mencari kerja. Jangan takut memulai usaha kecil, karena dari sinilah usaha besar ada. Dengan niat, dan hanya seorang diripun bisa bikin usaha lho. Masih maju mundur jadi pengusaha atau bahasa kerennya entrepreneur? Aku punya curcol n iyang baru bisa aku bagi ke kalian di postingan kali ini.


Usaha apa ya?
Sejak SMA, aku pengen banget punya usaha sendiri karena satu alasan yaitu “biar ga punya bos karena kita bos-nya”. Bisnis online recommended bangettt. Tapi usaha apa ya?
           Dagang.
Kalo dagang barang sih udah ada bakat dari kecil (dulu waktu SD sukanya jualan isi binder yang lucu-lucu sama kertas surat), tapi kalo dagang musti punya duit dulu kan? It’s OK kalo punya modal sendiri, pinjem bank sah—sah aja asal bisa lunas tepat waktu, kalo ga?
          Reseller.
Reseller juga perlu modal lho kecuali ada owner yang baik hati dengan sistem join marketing aja. Kita promo ke orang lain dengan harga normal terus kita dapet laba dari harga normal ke harga grosir.
          Jual Jasa.
Cuma modal skill aja udah jalan. Contohnya jasa design, konsultasi, dll. 

Usaha apa aja boleh tergantung kita juga, mana yang paling ‘kita’ banget dan mampu jalankan.

“There’s not much to becoming an entrepreneur.  Follow your heart, do what you love, and make sure you have enough working capital (cash).” John-Paul Lee of Tavalon Tea

Tapi di sini aku bakal share tentang usaha design yang masuk di poin 3. Karena ga pake DUIT tapi DATENGIN DUIT (ga usah digedein juga tulisannya). Memang dari sananya peritungan ya. Jadi pengusaha emang kudu peritungan tapi ya jangan banget-banget kayak Mr. Krabs di Sponge Bob. Semua pemasukan dan pengeluaran harus masuk pembukuan (mulai deh belajar pembukuan --> Tanya abang) .


Sesuai hobi sama skill
Aku bersyukur banget deh aku punya hobi sekaligus skill in design, terutama graphic design sama paper engineering alias pop-up. Keahlian ini aku peroleh secara otodidak sejak SMP berkat tingkat penasaranku yang tinggi dan berbekal semangat 45 yang membara  terhadap produk keajaiban teknologi, aku bisa menguasai lebih dulu materi computer dibandingkan teman-temanku, tambah beruntung lagi waktu itu aku udah kenalan sama internet, tinggal click and make it!

Buat para (calon) designer. Cari kerja di bidang design sekarang memang susah. Mulai dari harus bergerlar sarjana, kita para (calon) designer juga wajib punya pengalaman di minimanl 1 tahun (kalo di perusahaan bonafit). Bagi yang udah punya skill, tapi belum lulus atau tamat dari pendidikan formal, jangan ragu buat cari kerja. Caranya? Ya jadi entrepreneur. Manfaatkan dan optimalkan internet sebagai media promosi, selain itu cara ketok tular[1] juga boleh. Tapi yang paling enak ya bisnis online. Tinggal bisa maen internet aja udah jalan gan!

Yang wajib dipunya buat bisnis online bidang design:
1.      Skill
2.      Komputer
3.      Aplikasi design (paling up2date kalo bisa)
4.      Creativitas dan imaginasi
5.      Kerja keras dan pantang menyerah.
6.      Akun social media, website/ blog
7.      Semangat 45


Gampang Banget
Pertama, siapkan akun twitter buat nyari mangsa blog’ visitor. Twitter di sini efektif berperan untuk promosi text aja karena link yang dimasukin kurang optimal dan ga keluar screenshoot-nya.

Ke-dua, buka akun facebook buat menjaring temen-temen cikal-bakal pengunjung blog, sama kayak twitter. Tapi di facebook aku bisa bikin album portfolio design aku, design yang udah pernah aku buat aku pamerin di sini. Ditambah tampilan facebook sekarang makin keren dengan versi timeline dan covernya bisa dipasang karya terbaik aku. Link yang ditautkan pun bisa muncul screenshoot-nya buat nambah penasaran visitor.  

Selanjutnya, sebenarnya yang paling berpengaruh adalah blog atau website. Berbarengan dengan twitter dan facebook atau social media lainnya, laman blog juga (harus) ada dalam bisnis online apapun. Karena eh karena nih, pengalaman aku sendiri, pasti si customer  yang newbie di online market bakal nyari tau seluk-beluk sang owner (aku pun begitu –smart shopping-). Tampilan blog juga harus diperhatikan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Contohnya blog aku sendiri aja yah. Di sini yang aku jual adalah produk design dan segala bentuk pengembangannya. Jadi tampilan blog harus dibuat sekhas mungkin dengan dunia design sehingga calon customer merasa yakin dan tertarik.
 
Alur para customer aku kebanyakan kayak gini ni:
1.      Lihat tweet(s) ATAU Lihat album di facebook
2.      Mengunjungi blog jika perlu referensi yang memadahi.
Disini aku wajib share link blog ke facebook biar customer bisa langsung jump to blog kita (jadi ga usah tanya ke Oom Google dulu)
3.      Kalo merasa tertarik, customer bakal cari tau contact person dan pasti tanya-tanya dulu secara terperinci. Dan usahakan layani seprofesional mungkin yaa, siapa tau bakal jadi pelanggan tetap.
4.      Kalo sudah deal, berarti kita berhasil ! Simple kan?


Harus Moving Forward!
Pengusaha harus pinter cari peluang. Misal ni aku awalnya kan cuma jual design, tapi ga menutup kemungkinan kalo ada customer minta design di cetak offset. Contoh paling gampang kaos. Jangan buang kesempatan emas untuk berkembang. Cari joinan pemilik konveksi, dan kalo perlu minta DP kepada customer kalau ga punya kenalan (kalo memang punya, tetep harus DP dulu, biar ga terjadi hit and run). Dari sini usaha design bisa dikenal dan berkembang meski modal internet aja perbulan.

Dimana-mana dalam usaha itu kepuasan customer adalah nomor 1. Jangan mengeluh saat ada order yang macam-macam, tanya beragam yang ujung-ujungnya cuma tanya aja ga jadi order. ‘Sikat’ semua yang bisa kamu kerjakan. Ciptakan image kalo kamu “bisa apa saja”. Memang seorang dalam persaingan designer dalam persaingan online sangatlah berat. Banyak pesaing dengan skill yang lebih baik dari kita tapi kalau kita “bisa apa saja”, pasti kita-lah yang pertama dilirik customer.


Ingat selalu pepatah “Sedikt-demi sedikt lama-lama menjadi bukit”. Berbekal dari bisnis on-line kecil-kecilan bermodal akun social media, dan blog yang belum punya domain sendiri, kita bisa mendirikan usaha yang lebih besar karena customer yang sudah langganan dengan kita lalu merekomendasikan pada orang lain. Tapi jangan lupa untuk menciptakan brand sendiri karena itu sangat penting.

Ingat apa tujuan kita berusaha. Kalo aku pribadi sih pengen punya customer banyak, usaha berkembang menjadi industry kreatif yang oke, punya banyak relasi, dan hidup sejahtera bahagia selamanya dunia akhirat, amen.

Dan yang paling penting ingat

this article is for:




Note:
[1] ketok tular: dari mulut ke mulut.

©copyright 2012 Ngelmu Iku

No comments:

Post a Comment